Manfaat dan Kegunaan Kayu Jabon

Kayu saat ini sangat bermanfaat bagi pembuatan berbagai macam perabot rumah tangga, kantor dan sebagai bahan dasar industri. Memilih kayu yang bagus dan berkwalitas unggul sangat sulit lebih-lebih bila kayu tersebut sedikit persediaannya atau sulit didapatkan. Salah satu kayu yang sering dicari adalah kayu jabon. Kegunaan kayu jabon bukan hanya sebagai bahan dasar dalam industri kayu namun juga digunakan sebagai bahan dasar dalam pertukangan. Pengolahan kayu lapis jabon yang berawal dari pengeringan, pengempaan dingin dan kempa panas sampai selesai tidak mengalami masalah apapun. Kegunaan kayu jabon untuk bahan baku furniture karena kayi ini mampu menghasilkan furniture kualitas tinggi yang banyak diminati negara Amerika,Uni Eropa, Jepang, Korea, Taiwan, Timur Tengah. Selain itu sisa gergajian kayu ini bisa juga dibuat peti kayu, korek api, peti buah, papan cor dan perabot lainnya.

Dulu banyak orang memilih kayu keras seperti jati untuk membuat beberapa perlengkapan rumah tangga seperti lemari, meja dan kursi namun sekarang setelah kayu jabon banyak digunakan, sehingga orangpun banyak yang beralih ke kayu ini. Kegunaan kayu jabon juga dimanfaatkan sebagai triplek dan plywood. Ketersediaan kayu jabon ini juga cenderung meningkatkan omset penanam jabon dan investor. Dengan kualitas kayu jabon yang bisa menghasilkan furniture dan perabot lain yang bagus dan berkelas inilah sekarang semakin banyak industri besar mulai beralih memanfaatkan kayu jabon sebagai sumber bahan baku mereka. Hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan berbasis kayu yang memindahkan lokasi usaha mereka Kalimantan ke pulau Jawa atau Sumatera. Kegunaan kayu jabon yang semakin lama semakin banyak membuat petani jabon dan investor menanamkan modal untuk budidaya pohon jabon. Dengan masa panen yang relatif singkat tersebut diharapkan kebutuhan kayu akan dapat dipenuhi dalam jumlah banyak.

Kegunaan kayu jabon sebagai furniture dikarenakan tekstur kayu ini sangat halus dan mengkilap. Tekstur yang halus akan menghasilkan furniture dan triplek yang bagus dan harga jualnya tinggi. Alasan lain mengapa jabon menjadi pilihan karena sekarang pemerintah telah membatasi penebangan kayu hasil hutan alam sehingga pasokan untuk industri kayu semakin menurun volumenya dari waktu ke waktu. Hal ini berbeda dengan industri seperti kayu lapis harus tetap beroperasi dan membutuhkan kayu dalam jumlah banyak. Dengan pemanfaatan kayu jabon ini maka bukan hanya dalam pembuatan furniture namun juga sebagai bahan dasar pulp pada industri. Untuk pembuatan triplek dan sebagai bahan polywood kayu jabon ini dipilih selain tekstur mengkilap dan halus juga kayu ini awet dalam segala kondisi. Berbagai perabot dari bahan kayu jabon ini seperti meja, kursi, almari, dan hiasan atau ukiran dari kayu ini mampu di ekspor ke luar negeri dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>